Tips Membuat Konten Untuk Video Dalam Digital Marketing

Video Digital MarketingTren untuk digital marketing datang dan pergi dengan seiring perkembangan dinamika tren yang berkembang pada perilaku pengguna internet yang tentunya jadi target pasar dari pemasaran menggunakan sarana digital.

Namun satu hal yang hingga sekarang tidak pernah tenggelam eksistensinya adalah dengan menggunakan video konten. Bahkan semakin ke sini, penggunaan video sebagai sarana untuk pemasaran makin dikembangkan infrastrukturnya misalnya dengan banyaknya media sosial yang meluncurkan fitur live streaming untuk memudahkan para marketer menjalin koneksi dengan para followernya dengan merekam secara langsung event-event atau kegiatan promosi yang sedang berlangsung.

Namun sayangnya, peluang yang besar untuk membuat video konten ini masih banyak yang belum memaksimalkannya dengan konten yang tidak begitu efektif ditayangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat video konten terbaik demi suksesnya strategi digital marketing Anda.

Kualitas produksi video yang niat

Ketika ditanya, apa yang membuat video konten TED bisa sukses dan bisa bertahan lama di tengah persaingan video yang cukup ketat, CEO-nya Chri Anderson menjawab bahwa kuncinya adalah pada kualitas nilai videonya. Ia mengungkapkan banyak investasi dicurahkan untuk membuat video dengan kualitas seperti sebuah video klip musik.

Dibutuhkan setting pencahayaan yang tepat, pengambilan angle yang menarik dan beragam, audio mixing, dan masih banyak lainnya, semuanya dikerjakan dengan tujuan membuat konten dari video yang berkelas dan tidak hanya sekedar asal presentasi saja. Anda mungkin bisa memotong budget untuk kegiatan marketing yang lain namun  untuk membuat video dengan kualitas konten yang bagus sebaiknya jangan terlalu pelit.

Selalu mempertimbangkan audiens sebagai patokan

Siapa yang akan menonton video yang Anda buat? Apa yang menjadi hal menarik bagi kategori karakter penonton video Anda, apakah dengan video yang dibuat bisa membuat penonton tertarik dengan produk atau pesan branding yang sedang disampaikan?

Untuk membuat video demi menjadi bagian dari strategi digital marketing usaha Anda, karakter penonton adalah faktor yang sangat menentukan mau seperti apa konten dari video yang dibuat. Jangan terjebak dengan tujuan membuat video sebagai media promosi hanya karena merasa “wajib” membuatnya,

Investasi untuk menggunakan jasa profesional

Untuk pemasaran memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Menggunakan jasa profesional untuk membuat video konten yang paling pas dengan misi promosi brand selalu bisa jadi pilihan di kala Anda ingin menghemat waktu dan juga pikiran agar bisa fokus dengan strategi lain yang sifatnya lebih umum ketimbang mengurusi produksi video yang membutuhkan perhatian penuh.

Menggunakan jasa pembuat video profesional memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun dampak ke depannya Anda bisa mendapatkan kualitas video konten yang lebih bagus dan bisa bertahan lebih lama daripada bikin sendiri tapi karena minim ilmunya hasilnya jadi tidak maksimal.

Buat konten yang bercerita

Anda pasti pernah menonton beberapa video iklan asuransi buatan Thailand yang selalu menampilkan cerita mengharukan, menginspirasi, dengan kemunculan produk yang diiklankan tidak terlalu mencolok mata namun ditunjukkan dengan cara yang elegan dan halus. Kunci dari iklan yang bisa menarik orang untuk menonton dari awal sampai selesai adalah iklan yang bercerita, lengkap dengan karakter, konflik, dan juga penutup yang membuat impact besar pada keseluruhan iklan.

Namun untuk membuat iklan yang memiliki cerita lengkap, biasanya dibutuhkan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan iklan singkat biasa. Keunggulan dari konten video yang bercerita adalah nantinya produk Anda akan terpatri di ingatan masyarakat karena cerita yang menyentuh, lucu, atau dramatis.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat video sebagai tool digital marketing.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *