Sukses Memanfaatkan Live Streaming Untuk Digital Marketing

Dunia digital marketing makin mengalami perkembangan untuk terus meningkatkan koneksi antara sebuah brand dengan target konsumennya. Fitur live streaming pada media sosial seperti Snapchat, Facebook Live, Instagram Live, dan sebagainya memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mengadakan siaran langsung berbagai macam aktivitas yang bisa ditonton langsung oleh para followernya sehingga bagi mereka yang tidak berada di lokasi dan waktu yang sama bisa tetap menonton event yang sedang berlangsung dan menjaga koneksi antar pengguna media sosial.

Fitur live streaming kemudian dimanfaatkan oleh para brand marketer untuk berinteraksi lebih nyata bersama dengan follower-nya yang tentunya akan semakin meningkatkan brand awareness di kalangan masayarakat. Apalagi jika video live yang sedang ditayangkan menghadirkan sosok public figure yang merepresentasikan brand tersebut sekaligus sosok yang banyak digemari oleh target konsumen Anda, pasti live streaming Anda akan dibanjiri oleh penonton dan makin banyak pula audience brand Anda.

Jadi bagaimana agar efek dari live streaming ini bisa maksimal untuk kepentingan digital marketing?

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan live?

Tentunya tidak mungkin jika Anda berambisi untuk mengumpulkan semua follower akun media sosial brand Anda untuk menonton live streaming dalam satu waktu yang bersamaan. Target yang paling masuk akal adalah mendapatkan sebanyak-banyaknya penonton ketika live sedang berlangsung, maka dari itu Anda harus tahu kapan waktu luang yang umumnya didapatkan oleh tipe target konsumen Anda.

Misalnya target Anda adalah karyawan dengan pekerjaan tetap maka waktu yang bisa jadi pilihan untuk mengadakan live streaming adalah di waktu selesai jam kerja. Hari sabtu dan minggu sore adalah waktu yang biasanya  dilakukan orang untuk menjelejahi internet atau membuka media sosialnya. Hindari melakukan streaming di waktu pagi hari karena pasti kebanyakan orang punya kesibukannya sendiri-sendiri meski sedang hari libur.

Mengadakan Q&A bersama dengan follower

Tidak sedang mengadakan event sebagai isi dari live streaming bukan berarti Anda bisa absen dari trik digital marketing satu ini. Anda bisa mengisi sesi live streaming dengan menjawab berbagai macam pertanyaan yang masuk ke akun Anda yang mana cara ini bisa memberikan pendekatan yang lebih intim antara sebuah brand dengan konsumennya.

Tidak harus selalu pertanyaan yang berhubungan dengan brand atau produk yang dijual, Anda bisa mengajak public figure yang relevan untuk menjadi bahan Q&A yang meski nama brand atau produk Anda tidak disebutkan secara eksplisit namun brand awareness di konsumen Anda akan tetap eksis. Siapa yang tidak ingin tahu lebih banyak tentang artis kesukaannya bukan begitu?

Pengumuman produk baru atau pengumuman lain

Berencana untuk melaunching produk baru dari koleksi yang sudah ada sebelumnya? Anda bisa mengadakan live streaming bagi mereka yang tidak bisa hadir langsung ke acara launching produk baru atau brand baru Anda namun tetap bisa melihat sendiri produk seperti apa yang diluncurkan, bagaimana suasana pestanya, siapa saja yang datang dan sebagainya dengan menonton streaming yang Anda siarkan secara langsung.

Untuk bisa memberikan siaran langsung dengan kualitas yang bagus tentu Anda membutuhkan kru kamera dan video yang profesional serta koneksi internet yang stabil dan kencang sehingga acara bisa disiarkan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Trik digital marketing ini juga bisa dilakukan untuk pengumuman yang lain misalnya pemenang undian berhadiah atau give away yang Anda adakan, pengumuman brand ambassador baru, atau yang lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *