Menerapkan Tips Jualan Online Secara Maksimal

Tips jualan online menjadi hal yang penting untuk diketahui jika Anda lebih memilih untuk menjual produk secara online. Menawarkan produk di dunia maya memang memiliki tantangan tersendiri sebab kita akan lebih sulit untuk melihat seperti apa calon konsumen yang ada.

Tak heran jika banyak orang yang telah sudah cukup lama memajang foto produknya di situs belanja online, namun juga laku terjual. Hal ini tentu tak hanya menimbulkan pertanyaan tetapi juga rasa khawatir terhadap para penjual terutama jika mereka masih memiliki banyak stok dari barang yang ditawarkan tersebut. Jika Anda juga pernah mengalami hal ini, berikut ada sejumlah tips yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan online.

#Mengelompokkan produk pada bar navigasi

Jika Anda menjual produk secara online, maka tak ada salahnya mempraktikan trik berjualan seperti di supermarket, yaitu dengan cara mengkategorikan produk yang sama dalam satu zona dan memberinya dengan  label alias navigasi sehingga calon pembeli akan lebih mudah dalam mencari produk yang diinginkan.

Menawarkan barang melalui online shop pun memiliki konsep yang sama sehingga ketimbang menawarkan produk yang luas akan lebih efektif jika Anda menampilkannya dalam kelompok-kelompok yang jumlahnya maksimal sekitar enam kategori.

Kemudian, Anda masih bisa membaginya dalam sub kategori lagi dengan memakai menu drop-down. Sebagai contohnya, jika kita menjual produk fashion, maka sebaiknya Anda menghindari untuk menuliskan jenis-jenis sepatu pada bar navigasi utama. Pada bar ini akan lebih baik jika Anda menggunakan satu kategori saja, yaitu “Sepatu”.

#Meletakkan produk terpopuler dan terbaru pada homepage

Tips jualan online yang selanjutnya adalah dengan menampilkan produk-produk best-seller dan terbaru pada homepage. Hal ini masih jarang digunakan oleh para penjual online, padahal trik yang satu ini telah menjadi semacan standar di kalangan situs jual beli karena memang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal ini, misalnya saja kata ‘baru’ sendiri adalah sesuatu yang sangat menarik di mata konsumen. Tak bisa dipungkiri bahwa kita memang cenderung memiliki rasa penasaran pada sesuatu yang baru. Selain itu, kata ‘best-seller’ menjadi semacam bukti bagi para calon pembeli bahwa sebelumnya sudah ada yang menggunakan produk tersebut dan merasakan benar kualitas baik dari produk yang ditawarkan. Orang memang umumnya ingin menggunakan produk-produk yang populer.

Selain itu,  produk populer juga membuat para calon konsumen tidak merasa ragu tentang kualitas dari produk tersebut. Namun, jika penjual harus menawarkan produk baru dalam jumlah yang banyak, maka trik terbaru dan terpopuler ini akan berkurang kefektifannya jika Anda menampilkan seluruh produk baru tersebut sekaligus.

Online shop sekelas dunia pun paham betul tentang hal ini sehingga meski mereka memiliki banyak produk baru, mereka hanya menampilkan sekitar lima produk baru saja dan menampilkan produk baru lain secara bertahap.

#Menampilkan related produk pada halaman produk

Trik efektif lain yang harus Anda ketahui adalah cross-sell, yakni menjual produk-produk favorit sehingga lebih laku. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menawarkan produk yang sama namun mempunyai fitur yang berbeda. Produk ini bisa dikatakan sebagai related produk sebab bisa digunakan untuk menggantikan maupun melengkapi produk tersebut karena memiliki fungsi yang hampir sama.

Trik ini sangat efektif karena membantu para penjual untuk menyuguhkan pilihan yang lebih banyak kepada para calon konsumen. Merekomendasikan barang memang cukup efektif namun pastikan bahwa jumlah barangnya tidak terlalu banyak karena ini justru bisa membuat para calon konsumen mengabaikan produk-produk yang ditawarkan. Untuk menghindari resiko ini, maka penting bagi Anda untuk mengetahui tips jualan online secara maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *