Ini Dia Tren Internet Marketing Untuk Tahun 2017

Internet marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun belakangan. Berbagai macam tren pemasaran dengan menggunakan jaringan online datang dan pergi yang dipenuhi dengan berbagai macam iklan danĀ  juga kampanye untuk meningkatkan brand awareness masyarakat mengenai eksistensi sebuah brand.

Penggunaan media sosial sebagai platform utama beriklan dalam jaringan online memang masih banyak yang melakukan namun para marketer ternyata tidak puas hanya mengandalkan kekuatan media sosial saja karena pada kenyataannya pengguna media sosial juga memiliki dinamika fluktuasi yang mengikuti perkembangan permintaan penggunanya. Dilansir dari Forbes.com, berikut adalah beberapa tren internet marketing yang menjadi tren di tahun 2017 dan kemungkinan masih digunakan di tahun-tahun berikutnya.

Penggunaan AR (Augmented Reality)

Tahun 2016 dunia dibuat heboh dengan hadirnya permainan Pokemon Go di mana para pemainnya bisa berburu pokemon di dunia nyata yang nantinya pokemon yang ada di lokasi tersebut bisa muncul terlihat pada layar smartphone. Teknologi semacam ini disebut dengan Augmented Reality atau kondisi nyata yang digabungkan dengan teknologi komputer digital sehingga muncul gambar objek yang tampak pada layar gadget Anda seolah-olah ia benar-benar berada di tempat Anda berada.

Meskipun permainan Pokemon Go sudah mulai padam hype-nya, namun teknologi AR saat ini sudah mulai banyak digunakan sebagai internet marketing yang baru. Para marketer mulai banyak merilis aplikasi-aplikasi AR dengan teknologi gambar 3D untuk menyampaikan pesan iklan atau branding yang lebih seru ketimbang cara konvensional.

Penggunaan video live streaming

Pengguna media sosial akan selalu berkembang permintaannya, salah satu yang saat ini sedang banyak diminta adalah penayangan event-event tertentu secara live untuk memudahkan orang untuk menyaksikan sebuah peristiwa secara langsung meski ia tidak bisa berada di tempat dan waktu yang sama.

Oleh karena itu sekarang ini makin banyak media sosial yang memberikan fitur baru berupa live streaming di mana para penggunanya bisa melakukan live atau menonton live orang lain hanya dengan mengandalkan smartphone dan koneksi internet. Fitur ini kemudian banyak digunakan oleh para brand untuk melakukan live streaming ketika sedang mengadakan event atau acara promosi lainnya.

Visualisasi data yang makin berkembang

Untuk bisa menyusun strategi internet marketing yang jitu dan efektif tentunya seorang pemasar membutuhkan data-data yang akurat untuk digunakan sebagai data analisa pasar. Meski sudah banyak tools yang bisa memberikan data tersebut untuk mengetahui siapa saja yang beli produknya, apa pekerjaan mereka, apa kategori umur yang paling banyak membeli produknya, apa yang membuat mereka tertarik dengan produk tersebut, dan sebagainya, namun data yang disajikan dalam bentuk angka-angka pastinya bisa memberikan kebingungan tersendiri bagi analis data.

Maka dari itu pada tahun 2017 mulai banyak dikembangkan tools analisa data untuk mengolah tumpukan angka yang ada menjadi sebuah data yang lebih nyaman untuk dibaca.

Metode native advertisements

Native ads dalam dunia internet marketing sebenarnya bukan hal yang baru namun dulu dikenal dengan nama content marketing. Native ads adalah promosi terselubung dalam bentuk konten yang berisi mengenai informasi yang dibutuhkan pengguna internet.

Mengapa native ads kembali menjadi tren di tahun 2017 karena pengguna internet sudah enggan dan tidak tertarik dengan iklan eksplisit yang biasanya ditemukan dalam bentuk banner-banner di sebuah website, atau iklan-iklan produk dan aplikasi yang muncul di media sosial, kenyataannya klik yang dilakukan oleh pengguna internet pada banner-banner iklan ini makin lama makin turun.

Namun dengan native ads di mana produk atau brand yang sedang dipromosikan diselipkan ke dalam sebuah konten yang lebih menarik dan bisa memberikan informasi yang berguna bagi pengguna internet, maka klik pun akan lebih mudah berdatangan.

Itulah dia beberapa tren di tahun 2017 untuk internet marketing. Bagaimana menurut Anda?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *