5 Langkah yang Menjamin Produk Digital Anda Bakal Laku di Pasaran

Apa Anda memiliki produk digital yang ingin dijual? Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda mendapatkan uang dari produk digital yang Anda miliki tersebut.

1. Cari tahu potensi produk digital Anda
Sebelum memasarkan produk digital Anda atau bahkan sebelum Anda menciptakan produk digital, sebaiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari internet untuk mendapatkan informasi mengenai potensi produk digital Anda misalnya seberapa besar popularitasnya di mata masyarakat, seberapa tinggi permintaan masyarakat akan produk tersebut, dan seberapa banyak orang lain yang akan menjadi kompetitor.

Tinggi peminat dan sedikit saingan adalah tanda lampu hijau untuk Anda meluncurkan produk digital. Pastikan bahwa kualitas produk digital Anda tinggi. Caranya adalah dengan meminta orang lain memberikan feedback mengenai produk digital Anda tersebut. Jangan mengandalkan feedback dari teman atau kerabat karena opini mereka bisa saja bias.

Sebaiknya minta orang lain yang tidak memiliki hubungan dekat dengan Anda misalnya dengan memasang produk digital di forum-forum internet dimana user-user internet bebas memberikan opini masing-masing.

2. Buat website
Website pribadi adalah sarana yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk digital Anda. Sebelum hari H peluncuran, ada baiknya Anda memberikan clue-clue singkat mengenai produk Anda. Buatlah kalimat pemasaran yang seolah-olah mengatakan bahwa produk Anda tersebut jumlahnya terbatas dan pengunjung harus memberikan alamat email pada Anda untuk mendapatkan produk tersebut. Rasa penasaran dan adanya daftar tunggu akan membuat orang tertarik dengan produk Anda.

Jika sebelum produk nyata diluncurkan saja traffic pengunjung website sudah meningkat setelah clue diberikan dan Anda sudah dibanjiri kiriman alamat email, maka Anda bisa berbangga hati bahwa produk digital Anda bakal sukses di pasaran.

3. Berikan sampel gratis
Review dari orang terkenal itu memiliki pengaruh yang besar pada penjualan produk nanti. Buatlah daftar orang-orang yang memiliki follower banyak seperti blogger, vlogger, dan selebgram, lalu berikan sampel produk secara gratis pada mereka. Mintalah pada mereka untuk memberikan review secara jujur pada page mereka. Cara ini disebut dengan istilah ‘endorsement’.

Para follower mereka yang melihat review idolanya akan ikut tertarik dengan produk Anda. Cara ini merupakan salah satu strategi marketing yang dapat menarik banyak peminat dalam waktu singkat.

4. Atur strategi marketing
Jika semua feedback sudah terkumpul dan sudah Anda gunakan untuk menyempurnakan produk digital Anda, sekarang waktunya Anda meluncukannya. Atur strategi marketing agar produk yang diluncurkan semakin banyak diketahui orang. Misalnya saja Anda bekerja sama dengan website lain agar mereka bersedia memasang banner ads di halaman website mereka.

Lakukan SEO pada tiap konten artikel produk digital di website Anda. Umumkan mengenai produk digital Anda di akun-akun sosial media milik Anda dan mintalah teman-teman Anda untuk menyebarkan berita tersebut.

5. Cari partner kerja
Selain strategi marketing di atas, Anda bisa mencari partner kerja yang bisa membantu mempromosikan produk digital Anda ke jaringan yang lebih besar. Contohnya adalah dengan menawarkan posisi reseller atau menawarkan affiliasi marketing. Cara ini adalah win-win solution.

Anda mendapat keuntungan dengan semakin luasnya jaringan pemasaran produk Anda dan partner kerja mendapatkan keuntungan dari komisi yang Anda berikan untuk tiap produk digital yang terjual karena referensi mereka. Carilah partner kerja yang memiliki pengaruh besar di dunia maya dan yang memiliki minat dan paham yang sama dengan Anda agar kerja sama ini bisa berjalan dengan lancar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *